Sinopsis


Judul                                :Sahabat
Pengarang                         :Agnes Davonar
Tahun terbit                     :Jakarta, juli 2010
Penerbit                            :Inandra Published
Jumlah halaman                 :356
Edisi buku                         :pertama
Sinopsis                            :

                                                Anthony adalah anak tunggal, ia terlahir sebagai keluarga terhormat yang kekayaannya berlimpah, orangtuanya sangatlah mencintainya, dan iapun memiliki istri yang sangat cantik. Sedangkan fernando sahabatnya, dia adalah anak yatim piatu yang serba kekurangan, untuk bertahan hidup ia harus menjadi pelayan restoran di sidney. “Fernando dan Anthony” bersahabat dari sejak lama. persahabatan mereka hancur karena sewaktu di kampus ada yang bilang bahwa Anthony adalah “gay” karena dekat dengan Fernando. Sempat Anthony tidak percaya dengan kata kata orang yang membuatnya sakit hati karena temannya di bully seperti itu. Tapi semuanya terbukti ketika disebuah cafe Anthony memergoki Fernando sedang berciuman dengan sesama jenis. Sehingga membuat Anthony marah terhadap Fernando dan kecewa terhadapnya. Anthony menjuluki Fernando adalah monster yang sangatlah jiji, walaupun ia mengetahui bahwa kota Sidney adalah kota bebas bagi gay. Saat itulah Anthony meninggalkan Fernano dan membawa Angel pindah ke Perth.

                                      3 tahun lamanya Anthony tidak bertemu Fernando. Hingga suatu saat waktu dia sedang berbulan madu dan makan malam disebuah restoran dia bertemu Fernando. Dan Angel membujuk agar Fernando ikut makan malam bersamanya. Walaupun Anthony tidak mau dan ia melakukannya dengan terpaksa. Ketika pulang Anthony tertabrak dan terbaring koma, Fernando membawa ia ke rumah sakit. Hidup Anthony tidak akan lama lagi, ia harus segera mendapatkan donor jantung, karena jantungnya tidak berfungsi lagi. Fernando ingin mendonorkan jantungnya tetapi menurut dokter hukum tidak mengizinkan orang sehat untuk melakukan hal demikian. Orang sekaratlah yang hanya boleh melakukan donor jantung. Sebelum meninggalkan dokter dia berkata agar dokter segera membawa jantung ke belakang rumah sakit. Pada saat itulah Fernando menabrakan diri pada truck yang lewat. Fernando mengorbankan dirinya dalam keadaan sekarat. Fernando meninggal dan Anthony tertolong. Anthony menyesali perbuatannya dulu. Dan sebagai permintaan maaf dia memberikan nama pada putranya “fernando” agar dia dapat mengenang Fernando selalu.

Kelebihan  buku                              :kesetiaan seorang terhadap sahabatnya, hingga dia rela mengorbankan nyawanya untuk sahabatnya.

Kekurangan buku                            : ada cerita yang menceritakan bunuh diri, menolong dengan cara bunuh diri itu tidak baik. Walaupun niatnya baik untuk menolong tetapi caranya salah.

Bahasa yang digunakan                : mudah dipahami.

Perbandingan dengan buku lain : buku ini lebih cocok dibaca oleh orang dewasa karena jika dibaca anak belum cukup usia bisa saja belum bisa memilah mana sikap yang baik dilakukan dan tidak.

Saran                                                 : --

Pertimbangan                                  : buku ini agar dibaca oleh dewasa saja.

Saran bagi pembaca                                 : janganlah memilih bunuh diri sebagai satu satunya cara walaupun hal yang kita lakukan itu baik untuk menolong orang,  karena bunuh diri itu dosa dan di haramkan oleh agama, terutama agama “islam”.


0 komentar:

Posting Komentar